Selasa, 29 Agustus 2023 09:05 WIB - Dilihat: 42
SUGAWA.ID – Awas para pelanggan PT PLN (Persero) diimbau berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN. Karena itu para pelanggan diharapkan menggunakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi .
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengungkapkan belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus mengatasnamakan PLN, seperti meminta pelanggan mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah hingga layanan yang mengaku petugas PLN dengan cara mendatangi pelanggan ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan.
“Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan PLN dengan berbagai tawaran dan meminta sejumlah bayaran kepada pelanggan,” ujar Gregorius Adi dalam keterangan persnya, Senin, 28 Agustus 2023.
Gregorius mengungkapkan saat ini sejumlah modus penipuan terbaru dilakukan dengan mengatasnamakan petugas PLN dan melampirkan semacam bukti untuk dilunasi oleh pelanggan.
PLN memastikan bahwa mereka adalah sindikat penipu dan bukan dari PLN. Selain itu PLN tak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi PLN Mobile dan seluruh transaksi pembayaran saat ini terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB).
“Sebab, semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan. PLN juga tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penggantian kWh meter, penjualan box kWh meter atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan,” ujar Gregorius.
Untuk mencegah penipuan, Gregorius mengimbau masyarakat memperhatikan kelengkapan atribut petugas resmi PLN. Petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.
Jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123. ***